Jumat, 20 Desember 2013

DaLaM PeNaNTiaNMu.....(7)

4. Mengubah Pola Hidup(3).


Belajar dari Pengalaman Kecil.
  • Bila sesuatu terlalu menyakitkan kita untuk mengingatnya, kenapa tidak memilih jalan yang mudah, yaitu melupakannnya?
  • Jangan lupa, masa lalu bukan lagi hidup kita, ia adalah sejarah hidup kita. Hidup kita adalah saat ini, hari ini. Kenapa kita tidak mulai memperbaiki apa yang selama ini salah, tanpa mengabaikan masa lalu sebagai pengalaman untuk dipelajari kebaikan yang ada, atau yang selama ini harus kita lakukan tetapi belum kita lakukan ?
  • Jawablah dengan jujur di dalam hati, maka kita akan menyadari kekeliruan kita. Belum terlambat untuk mengubahnya!
  • Mulailah dengan menyeleksi 'file - file batin' ini. Hal - hal mana yang tidak berguna, apalagi bisa menjadi racun bagi pikiran. Buang secepatnya dalam 'keranjang sampah'. Sampai akhirnya kita bisa fokus pada hal - hal yang harus kita kerjakan. Proses ini akan menjauhkan diri kita dari stres berkepanjangan dan terbuangnya energi untuk hal - hal yang sama sekali tidak ada gunanya.
  • Susunlah jadwal dan fokuslah pada tujuan kita, kemudian kerjakan. Do it now! Lakukanlah sekarang, jangan menunda - nunda, karena kesempatan cuma datang sekali saja. Soalnya kalau kita enggan, maka akan ada seribu alasan untuk pembenaran diri. Tetapi bila kita sadar, maka hanya ada SATU alasan yaitu,"It's now, or never" (Sekarang atau tidak sama sekali)
  • Kita bisa belajar dari banyak kejadian di sekeliling kita tanpa harus mengalaminya sendiri, namun yang sering terjadi, kita baru menyadari bila kita telah mengalami penderitaan akibat kelalaian kita.
  • Bila kita tidak mau mengubah diri, maka kita akan diubah oleh keadaan. Tentunya bukan kondisi yang lebih baik yang kita alami, justru sebaliknya, kita kehilangan segala - galanya termasuk seorang sahabat sejati sekali pun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar