Kamis, 19 Desember 2013

DaLaM PeNaNTiaNMu.....(3)

2. Konsep Transformasi Diri.

  • Kata "konsep" mengacu pada pengertian "rancangan" yang memiliki berbagai variasi tergantung pada tujuan yang ingin dicapai dengan rancangan tersebut.
  • Ada tiga langkah besar yang dapat ditempuh dalam melakukan transformasi diri, yaitu :
1. Mengubah sikap mental.
  • Dengan mengubah sikap mental, maka cara berpikir akan berubah.
  • Kita diajak untuk merevisi cara berpikir yang terinfeksi karena pola pikir yang keliru. 
  • Dan berbahagialah kita, karena sebelum terlambat kita masih diberi kesempatan untuk mengubah pola pikir yang negatif menjadi positif.
  • Mengubah sikap mental dapat diawali dengan bertanya:
  •  Apa arti hidup bagi saya?
  • Apa yang saya cari dalam hidup ini?
  • Apa arti keluarga bagi saya?
  • Apa artinya seorang sahabat bagi saya?
  • Apakah hidup saya berarti bagi keluarga saya? 
  • Apakah hidup saya berarti bagi sahabat saya?
  • Apakah hidup saya memiliki makna untuk hidup orang lain?
  • Apakah saya peduli pada penderitaan orang lain ?
  • Apakah saya pernah berupaya meringankan beban orang lain? 
 2. Mengubah pola hidup.

  • Dengan mengubah cara berpikir, maka ia juga akan mengubah :

  1. Pola hidup kita
  2. Kebiasaan kita.
  3. Sikap kita. 
  4. Tutur kata kita. 
  5. Penampilan kita. 
  6. Perasaan kita. 
  7. Keputusan - keputusan yang kita ambil. 
  8. Kepedulian kita. 
 3. Fokus pada tujuan.  
  • Dengan berubahnya sikap mental, cara berpikir dan pola hidup, kita akan lebih mudah fokus pada tujuan atau cita - cita hidup yang ingin kita capai. 
  • Kata "fokus"  adalah mutlak menjadi bagian dari keberhasilan. Fokus memiliki kekuatan dahsyat yang mampu membakar semangat hidup kita dan cita - cita menjadi nyata.
  • Bila semuanya sudah berubah, maka hidup juga akan berubah.
  • Bila kita sudah mengubah sikap mental dan cara berpikir, yang menghasilkan terjadinya perubahan pola hidup dan kebiasaan, serta fokus pada tujuan hidup kita maka langkah - langkah ini akan mengantarkan kita ke jenjang transformasi diri yang sejati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar