Kamis, 19 Desember 2013

DaLaM PeNaNTiaNMu.....(2)

1. Makna Transformasi.

  • Transformasi berasal dari bahasa Inggris, yang berasal dari kata "transform" yang berarti, "make a through dramatic chage in the form, appearance, character, etc.," yang diterjemahkan secara bebas artinya adalah, "segera membuat sesuatu perubahan total baik bentuk, penampilan, karakter, dan seterusnya."
  • Contoh : ulat yang mampu melakukan "transformasi diri" seutuhnya, menjadi sosok kepompong yang bukan juga menarik, tidak berdaya, dan hanya mampu mengurung diri dengan metaformasa berubah menjadi kupu - kupu yang cantik, menarik, dan mampu terbang jauh.
  • Pesan moral yang terkandung didalamnya yaitu: Bila seekor ulat bisa berubah, kenapa kita tidak ? Untuk menjadi lebih baik?
  • Kita dikaruniai kehendak bebas untuk memilih mana yang terbaik dalam hidup kita. Serta hidup seperti apa yang ingin kita jalani ke depan. Sekali kita memilih, tentunya kita mengambil alih juga seluruh konsekuensi dari pilihan itu sendiri. Karena mustahil kita berharap yang terbaik, namun kita tidak mau berusaha untuk meraihnya.
  • "Hidup seperti roda pedati" kata pepatah kuno. Akan tetapi hidup atau kehidupan penuh dinamika, yang tidak dapat dinilai dengan hitam dan putih. Hidup penuh dengan ketidakpastian. Tidak ada yang menjamin kebuali Allah, nahwa ketika roda kehidupan berada dibawah, secara otomatis sesaat lagi ia akan bergulir ke atas. Sebaliknya juga, tidak harus roda kehidupan yang berada diatas, sesat lagi akan segera bergulir ke bawah. Bisa saja ada batu yang mengganjal, sehingga yang berada di bawah tidak segera dapat naik ke atas dan sebaliknya.
  • Oleh karena itu, semua falsafah hidup hendaknya dipahami secara arif dan kearifan itu lahir dari diri kita sendiri.
  • Kearifan hidup adalah modal utama untuk memenangkan hidup itu sendiri agar dapat memperoleh jalan mencapai pencerahan diri, wajah selalu berseri - seri karena kebaikan yang selalu tertanam dalam hati.
  • Pencerahan diri tidak hanya mencapai untuk diri sendiri, tetapi juga membawa penverahan kepada orang - orang yang ada di sekeliling kita.
  • Kita tidak mungkin memahami perkara besar, bila kita vtidak belajar dari hal - hal yang kecil. Bukanlah sesuatu yang rumit untuk belajar dari pengalaman - pengalaman kita sendiri maupun pengalaman - pengalaman orang lain, betapa pun  kecilnya. 
  • Karena sebenarnya orang - orang besar adalah mampu menjadikan "sesuatu yang biasa menjadi luar biasa" karena sikap mental, cita -cita dan tekadnya.
Renungan :
  • Jalan untuk mengubah hidup adalah sebuah pendakian yang butuh energi, kemauan dan tekad hingga kita dapat mencapai tujuan kita.
  • Setiap kejadian, baik menggembirakan maupun menyedihkan harus selalu ada hikmahnya, dan ada pesan - pesan moral yang dapat kita raih sehingga segala pengorbanan yang telah kita berikan tidak sia - sia, baik pengorbanan waktu, uang, tenaga, dan juga penderitaan yang kita lalui sewaktu mengalami suatu peristiwa.
  • Seperti disebut di atas bahwa : Bila kita belajar dari setiap kejadian yang berada diluar kita, maka hal ini akan memberikan kita pengetahuan. Dan bila kita belajar dari apa yang terjadi pada diri kita, ia akan melahirkan kearifan hidup. Kearifan hidup adalah modal utama untuk kita dapat mencapai cita - cita hidup kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar