Minggu, 22 Desember 2013

DaLaM PeNaNTiaNKu.....(6)


1.Pengertian Tentang Sukses.
(Lanjutan...)




SUKSES DALAM BERBAGAI PANDANGAN.
  • Menjawab tentang apa arti sukses dalam kehidupan seseorang, ternyata jawabannya tidaklah semudah seperti orang mengucapkannya.
  • Tidak sedikit yang tergagap tidak menjawab, "Sukses? Apa ya?"
  • Penulis mencoba bertanya secara langsung kepada beberapa peserta lokakarya secara acak, karena ingin mendapatkan gambaran tentang arti sukses bagi mereka, yang dapa disimak dibawah ini:
  1. Drs. HM. Junaedi, seorang dosen salah satu perguruan tinggi di Jakarta: "Sukses bagi saya adalah apabila saya dapat mengantarkan anak - anak saya menyelesaikan studinya di perguruan tinggi."
  2. Ir. Hj. Nursari Sulastri, wanita karier yang berdomisili di bilangan kemang, Jakarta : "Sukses bagi saya adalah tetap dapat berkarier hingga usia tua."
  3. The Kiong Hien, pengusaha yang domisili di Tangerang : "Saya punya cita - cita kelak anak - anak saya dapat meneruskannya usaha saya, dan bila hal itu tercapai, saya sudah puas."
  4. Hj. Zubaedah, ibu rumah tangga di Purwokerto : "Bagi saya sukses adalah bila saya mampu menjadikan rumah tangga saya tempat kediaman yang damai bagi suami dan anak - anak saya."
  5. Fransiskus Xav., pengusaha batik di Pekalongan : "Bila saya mampu mempertahankan usaha saya, hingga anak - anak saya mampu mandiri, bagi saya suatu sukses yang  luar biasa.
  6. Titink Saranani, wanita karier, sekaligus aktivitas LSM Pemberdayaan Perempuan yang domisili di Kendari, sulawesi Selatan : "Bagi saya sukses adalah apabila hidup saya bermanfaat bagi orang lain."
  7. Suster Rose Marie, seorang biarawati, domisili di Solo : "Bagi saya sukses adalah apabila saya mampu mengabdi dengan setia kepada Tuhan, selama hidup saya."
  8. Dewi, mahasiswi di Denpasar, Bali : "Bagi saya sukses adalah dapat membahagiakan orang tua saya."
  9. Endang F., sarjana psikologi yang domisili di Yogya : "Saya punya cita - cita yang berbeda. Kalau banyak orang yang mendirikan rumah sakit justru saya ingin mendirikan "Rumah Sehat" .

  • Namun pertanyaannya, benarkah sukses  sesederhana itu ? Apakah sukses itu hanya sepotong keberhasilan? Ataukah sukses itu hanyalah sepotong keberhasilan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kehidupan keluarga ?
  • Tentunya tergantung dari persepsi kita tentang hidup, sikap mental kita terhadap arti kesuksesan, serta memahami bahwa di dalam "kesuksesan" belum tentu ada kebahagiaan, Sebaliknya, DI DALAM KEBAHAGIAAN SUDAH PASTI ADA KESUKSESAN."
  • Sukses dalam arti yang sesungguhnya adalah mencapai kondisi dimana apa yang kita harapkan dalam hidup kita menjadi kenyataan, bukan hanya sesaat, namun SEPANJANG HIDUP.

SEPOTONG SUKSES.

  • Mendaki tembok China "The Great Wall" bukanlah istimewa bagi orang lain, namun bagi pengalaman penulis merupakan prestasi sendiri, yaitu mampu menaklukkan puncak Tembok China, dalam usia yang cukup tua.
  • Kesuksesan dalam mendaki puncak tembok China, hanyalah sepotong kesuksesan, bukan sukses dalam arti yang sebenarnya. Oleh karena hidup tidak dapat dinilai secara sepotong - sepotong.

Butir Butir Pencerahan
  • Perjalanan ribuan lie yang akan Anda tempuh, harus diawali dengan langkah pertama (pepatah China).
  • Bila Anda tidak pernah melangkahkan kaki, maka Anda tidak pernah akan sampai.
  • Melatih diri secara konsisten tidak pernah sia - sia. Suatu waktu akan dapat dimanfaatkan.
  • Sukses bukanlah sepotong keberuntungan. Juga tidak dapat di raih secara tiba - tiba, melainkan hasil dari latih diri dan kerja keras.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar