Minggu, 27 April 2014

PeNaNTiaN SuRGa DuNiaMu...(Kisah34 Nabi Muhammad SAW)

Kisah Nabi Muhammad SAW.


34. Tugas Nabi Muhammad SAW. selesai.

Tiga bulan sebelum Nabi Muhammad SAW. wafat, beliau masih mengerjakan ibadah haji Wada' (Haji perpisahan atau penghabisan) 

Pada tanggal 25 Dzul Qaidah tahun 10 hijriyah, Rasulullah SAW. meninggalkan Madinah ke Mekkah, dengan kaum muslimin yang ikut mengerjakan haji kira - kira 100.000 orang.

Sebelum menyelesaikan ibadah haji. Rasulullah SAW. mengucapkan sebuah khutbah amanat yang bernilai di hadapan kaum muslimin di bukit 'Arafah pada tanggal 8 Dzulhijah 10 Hijriyah (7 Maret 632 Masehi)

Setelah selesai mengerjakan ibadah haji, Nabi Muhammad SAW (Rasulullah SAW.) kembali ke Madinah.

Tiga bulan setelah mengerjakan haji Wada' itu, Nabi Muhammad SAW. menderita demam beberapa hari, sehingga tidak dapat mengimami shalat jamaah.

Maka diperintahlah Abu Bakar untuk menggantikan beliau menjadi imam.

Pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal 11 Hijriyah (9 Juni 632 Masehi), Nabi Muhammad SAW. wafat pada usia 63 tahun setelah 23 tahun lamanya beliau diangkat menjadi Rasul ALLAH, berjuang tak mengenal lelah dan derita untuk menegakkan agama Islam.

Nabi Muhammad SAW. telah meninggalkan ummatnya, dan mewariskan 2 buah pusaka yaitu : AL Qur'an dan Hadits.

Seluruh ummatnya harus menggunakan dan melestarikan dua pusaka itu, dalam arti segala tindak dan lakunya harus sesuai dengan apa yang ada dalam kitab Al Qur'an dan Hadits.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. yang pernah disampaikan dalam khutbah Jum'at di Masjid Namirah, yang artinya :

"Kutinggalkan untukmu dua perkara (pusaka) tidaklah kamu akan tersesat selama - lamanya, selama kamu masih berpegang kepada keduanya, yaitu Kitabullah (Al - Qur'an) dan sunnah Rasulullah (Al Hadits)".

Demikianlah selintas kisah manusia pilihan di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar