Kamis, 02 Januari 2014

DaLaM PeNaNTiaNKu.....(16)


6. Cara Mengatasi Stres(3).


MENYIKAPI MASALAH TANPA HARUS STRES.

  • Kebiasaan - kebiasaan buruk seperti mengebut karena takut terlambat, tidak mau bangun pagi lebih awal, bila tidak disadari dan diubah akan menjadi batu sandungan. Oleh karena orang tidak akan sukses dalam hal - hal besar, kalau dalam hal - hal kecil saja ia tidak mampu mengatasinya.
  • Orang yang tidak dapat dipercaya untuk hal - hal sepele, mustahil dapat dipercaya untuk hal - hal besar dan penting.
  • Sikap mental positif dan kokoh tidak terbentuk dalam sehari, sebulan ataupun setahun. Melainkan melalui liku - liku hidup dalam menghadapi proses kehidupan selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, hari demi hari, dan seterusnya.
  • Penyebab lain terjadinya stres, di samping alasan - alasan yang dijelaskan di atas, ternyata orang bisa stres "tanpa sebab". Seperti trauma akan kecemasan masa depan yang tidak pasti, trauma masa lalu, walaupun secara fisik sebenarnya sehat dan berkecukupan.
  • Bila kita terbebas dari stres maka banyak manfaat yang dapat diraih, seperti kesehatan akan berada dalam kondisi prima, kualitas hidup akan meningkat secara menakjubkan, mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan, terbuka, mudah memaafkan, tidak menyimpan rasa dendam, selalu berpikiran positif baik untuk diri sendiri maupun terhadap orang lain, tidak iri hati melihat keberhasilan orang lain, lebih suka menantang diri ketimbang menantang orang lain, mampu mengendalikan emosi, selalu tampil ceria, antusias menghadapi kehidupan, tidak pernah putus asa, selalu mendapatkan jalan keluar dari berbagai kesulitan, selalu memberikan keceriaan di mana pun ia berada, tidak pernah berburuk sangka kepada orang lain, tidak menempatkan uang di atas segala - galanya, selalu mengedepankan hati nurani, menjalankan ibadah dengan khusyuk, memperhatikan penderitaan orang - orang di sekelilingnya, punya daya ingat yang baik, dan tidak gentar menghadapi berbagai kesulitan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar