Jumat, 28 Maret 2014

PeNaNTiaN SuRGa DuNiaMu..(Kisah Nabi Ismail as.4)

Kisah Nabi Ismail a.s.



4. Terjadinya sumur Zam - zam.

Dengan berbekal tawakal dan kesabaran, Hajar memakan apa yang ditanah yang gersang dan tandus. 

Ketika sang bayi menangis lantaran haus dan dahaga, maka Hajar berlari - lari dan akhirnya menemukan sebuah bukit (Shofa), sesampainya diatas bukit tidak ditemui sedikit pun air, dan dari puncak bukit Hajar melihat ada gumpalan air dari sebuah gunung, dan Hajar berlari mendekati sumber air tersebut.

Kejadian berlari - lari tersebut dilakukan Hajar sampai 7 kali. Dalam lari - lari tersebut Hajar dikejutkan oleh suara malaikat.

Malaikat memberitahukan bahwa bayinya yang menangis itu telah menggaruk - garukkan kakinya ke tanah, yang akhirnya dari tanah itu keluar air yang mengalir dengan derasnya.

Melihat kejadian itu, Hajar terperanjat sambil berkata : "Zami - zami" artinya "Kumpullah - kumpullah".

Akhirnya sumber air yang terpencar itu berkumpul menjadi satu, pada akhirnya sumur itu di beri nama "SUMUR ZAM - ZAM".

Dengan adanya sumur Zam - zam, maka tempat itu menjadi ramai karena didatangi oleh berbagai macam burung yang menikmati sumur tersebut.

Dari jejak burung itu, dapat diketahui oleh manusia akan adanya sumber air, yang pada akhirnya manusia yang tahu berdatangan untuk menikmati sumur tersebut.

Dari perjalanannya Hajar dan Isma'il terambil bagian dari amalan Haji yang diwajibkan bagi umat Islam. misalnya lari (sa'i) antara shofa dan Marwa sebanyak 7 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar